Saturday, May 22, 2021

Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Muntah Cacing

Terkadang, masalah penyakit kucing datang begitu saja. Misalnya saja sebulan yang lalu kucing Angora saya meninggal karena muntah-muntah dan tidak mau makan, 3 minggu yang lalu kucing Persia saya juga mengalami sakit juga dan muntah-muntah, namun muntah-muntahnya keluar cacing dan si kucing masih mau makan walaupun sedikit.


obat kucing cacingan
Kucing saya

3 minggu yang lalu kucing persia saya yang berumur 15 bulan tiba-tiba saja muntah keluar cacing, dan saya sangat ngeri sekali melihat cacinnya. Cacingnya berwarna putih seperti Spagheti dan itu masih hidup, cacingnya bergerak-gerak, ighhh...

Menurut info yang saya peroleh, kucing muntah keluar cacing adalah ciri-ciri kucing yang terjangkit dengan parasit didalam perutnya. Parasit cacing ini pun bermacam-macam, yang paling umum yaitu ada cacing yang mengganggu pada paru-paru, ada yang mengganggu dalam perut/sistem pencernaan, dan lain-lain.

Cacing yang mengganggu paru-paru biasanya akan membuat sikucing sesak nafas dan gangguan pernapasan. Sedangkan cacing yang mengganggu pada saluran pencernaan bisa menyebabkan kucing mual-mual dan akhirnya muntah cacing.

Cacing-cacing ini jika dibiarkan bisa menginfeksi tubuh kucing dan bisa mematikan, sehingga harus segera diobati dengan obat cacing. Kadang selain cacing yang keluar dari muntahan, cacing juga bisa keluar dari anus si kucing pada saat buang air (pup).

Kucing yang cacingan parah bisa menyebabkan kucing terkena anemia, diare, dan gangguan lainnya. Kucing yang terjangkit cacingan biasanya menular dari induknya yang menurun ke anak kucing, bisa juga menular dari makanan yang mengandung telur/larva cacing, dan juga bisa menular dari kutu kucing yang kotor

Lalu bagaimana cara mengobati kucing yang muntah keluar cacing? Dulu saya sempat memberi obat cacing khusus kucing yang direkomendasikan dokter hewan. 

Selain muntah cacing, kucing peliharaan saya juga pernah muntah cairan kekuningan serta berbusa akibat keracunan makanan, jika Anda pernah mengalami hal yang sama, Anda bisa coba mengikuti panduan yang dijelaskan dalam Buku Kucing Muntah yang ada di situs bukukucingmuntah.blogspot.com untuk mengatasinya.

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa tulis komentar ya..

Contact Form

Name

Email *

Message *