Tuesday, February 18, 2014

Ciri Kucing Sakit dan Jenis-Jenis Penyakit Kucing

Kucing adalah hewan peliharaan yang paling umum dimiliki oleh banyak orang diseluruh dunia, alasannya kucing memang merupakan hewan yang sangat lucu, ramah terhadap manusia, mudah di pelihara, dan bisa menjadi obat pelipur lara. 
 

Namun meskipun demikian, ada kalanya kucing tiba-tiba sakit dan membuat pemiliknya cemas. Pastinya sangat sedih bila kucing yang kita sayangi tiba-tiba jatuh sakit. Agar kucing Anda bisa sembuh maka harus segera diobati, sebelum mengobati si kucing, alangkah baiknya jika Anda mengenali gejala-gejala kucing yang sakit. Berikut ini beberapa ciri umum jika kucing mengalami sakit:
  • Nafsu makan menurun.
  • Nafas kucing bau/kurang sedap.
  • Hidungnya berair.
  • Kucing muntah-muntah
  • Warna urine berubah.
  • Kucing mencret.
  • Kucing suka menyendiri.
  • Kucing mengeluarkan air liur secara berlebihan.
 
Berikut ini beberapa penyakit yang umum terjadi pada kucing:

1. Kucing Muntah-Muntah
Muntah kadang-kadang merupakan hal yang wajar pada kucing. muntah biasanya terjadi kalau kucing kebanyakan makan atau karena menjilati bulunya sendiri sehingga banyak bulu yang ikut tertelan dan menimbulkan 'hairball' dalam perutnya. Namun jika kucing Anda muntahnya muntah cairan berwarna kuning, muntah putih berbusa, muntah cacing, atau muntah darah, maka hal tersebut harus diwaspadai. Jika perlu bawa kucing Anda ke dokter hewan, atau obati sendiri dengan membaca "ebook Kucing Muntah".

2. Kucing Cacingan
Cacing merupakan hewan parasit yang bisa mengganggu organ tubuh kucing. Kehadiran parasit ini biasanya karena kurangnya kebersihan lingkungan kucing, seperti kandang, tempat pup (litter box) kucing yang jarang dibersihkan, serta tempat makan dan minum yang kotor. 
 
Biasanya parasit ini akan menjadi cacing dalam tubuh kucing. Ada beberapa jenis cacing yang diantaranya dapat menimbulkan efek serius bahkan kematian pada kucing misalnya: cacing bulat atau ascariasis, cacing tambang, cacing tanduk, cacing kremi dan cacing pita. 
 
Anak kucing yang menderita cacingan biasanya ditandai dengan kurangnya nafsu makan, kekurangan gizi serta kondisi tubuh yang terus menurun. Secara fisik anak kucing yang cacingan perutnya akan terlihat buncit. Anda bisa konsultasikan ke dokter hewan untuk diberi obat cacing apa yang cocok untuk si anak kucing.

3. Radang Perut 
Radang perut pada kucing biasanya disebabkan oleh virus. Kucing yang terserang virus ini bisanya akan sering sakit perut dan muntah-muntah. Pada beberapa kasus bahkan kucing akan pingsan. Kehilangan cairan tubuh akibat seringnya muntah akan mengakibatkan kucing merasa sangat haus akan tetapi kucing tidak dapat minum sendiri karena tubuhnya lemas. Jika kucing Anda muntah-muntah terus dan ingin menyembuhkannya cobalah baca "ebook Kucing Muntah".

4. Sembelit dan Mencret/Diare
Mencret atau sembelit biasanya timbul apabila kita merubah jenis makanan secara mendadak. Perut kucing akan sulit beradaptasi jika kita merubah jenis makanan yang biasanya kita berikan. Beralihlah secara bertahap jika ingin mengganti makanannya. Kalau kotorannya cair dan berbau atau bahkan disertai darah, waspadailah. Apalagi disertai demam dan muntah-muntah. Konsultasikan dengan dokter hewan terdekat.

5. Flu Kucing
Penyakit flu kucing ini biasanya terjadi pada musim kemarau dan disebabkan oleh virus. Gejala yang biasa timbul adalah bersin bersin, mata dan hidung yang bergerak terus menerus. Produksi air liur yang berlebih juga termasuk gejala penyakit ini. Berikanlah vaksinasi di dokter hewan anda.

6. Toxoplasmosis
Penyakit ini adalah yang paling ditakuti karena dapat menyerang manusia. Gejalanya biasanya adalah sesak nafas dan kurang darah. Penularan pada manusia biasanya melalui kotoran kucing. Untuk menghindari penyakit ini adalah dengan memberikan makanan yang berkualitas serta bergizi tinggi. Selalu bersihkan tempat kotoran si kucing.

76 comments:

  1. Wah..makasih ya infonya..membantu sekali. Saya jadi tahu kucing saya sakit apa :)

    ReplyDelete
  2. kalau kucing sedang tidak hamil tetapi perilakunya seperti kucing mau melahirkan itu kenapa ya?kucing saya sudah dua hari bertingkah laku seperti itu, mohon penjelasannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika kucing tidak mau makan dan minum, segera obati, nanti bisa tambah parah..

      Delete
    2. Maaf mau tanya, dibawa lubang pup kucing saya ada suatu benjolan seperti bisul. Itu kenapa ya? Cara mengobatinya gimana? Tolong dijawab:)

      Delete
    3. Itu kemungkinan infeksi bakteri, bersihkan anus kucing dengan cairan anti kuman/bakteri.

      Delete
  3. Kenapa Ya Kucing Saya Mengeluarkan Air Liur Berlebihan dan tidak bisa berjalan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan kucing nya sakit demam, atau mengalami infeks. Mengeluarkan banyak air liur adalah dalam rangka sistem imun kucing terhadap penyakit.

      Delete
  4. kenapa ya kucing aku bnyak taik matanya ? terus suaranya pun jadi serak gitu, aku jadi kasian,,,
    penyakit apa itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin tenggorokannya mengalami peradangan dan suaranya jadi serak.

      Delete
  5. Kucing saya kakinya luka, udah seminggu belum sembuh, kira2 kenapa ya, solusinya gimana. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikasih obat luka seperti Betadine sampai lukanya mengering.

      Delete
  6. dileher kucing saya terdapat benjolan kenapa ya ?
    Tapi baru 2 hari, tapi kucing saya tidak seperti kucing yang sakit dia masih aktif dan suka makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu biasanya lemak, dan terjadi benjolan lemak akibat adanya kelainan pada kucing.
      Tidak terlalu berbahaya, dan biasanya kucing tetap sehat meskipun ada benjolan pada lehernya.

      Delete
  7. maaf saya mau nanya, kalo misalnya benjolanya itu pecah, apa tindakanya yang baikl1 thank







    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampai pecah, bisa bahaya.
      Biasanya tidak sampai pecah dengan sendirinya, tapi suka jadi kempis.

      Delete
  8. kucing saya kenapa ya kok lidah nya keluar, ga bisa makan&minumsusu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau keluar lidah-nya sekali-sekali itu masih normal.
      Tapi jika keluarnya sering, kemungkinan ada yang sakit pada bagian mulut si kucing.

      Delete
  9. kucingku kenapa bab terus ya? ini kucing non ras masih kecil, masih sering main2, terus aku kasih makan pro milis, tapi dia bab terus.. kenapa ya? tolong kasih infonya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti makanannya, jangan dikasih makanan siap makan dan berbahan pengawet.
      Berilah kucing makanan-makanan yg lebih alami.

      Delete
  10. misi, mau nanya. kmaren itu baru nemu anak kucing. anak kucingnya gemetaran terus, di matanya ada cairan. perutnya buncit, tapi badannya kurus. nafsu makannya cukup bagus, tapi tiap makan selalu muntah. kalau dikasih minum, langsung diseruput sampai habis, kayak kehausan gitu. kenapa ya? apa itu normal atau sakit? kalau sakit, saya harus bagaimana? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya kucing mengalami cacingan.

      Delete
  11. Kucing q berak bocor n berdarah , udh kedokter berobat tp msh aja, trkhr brobt diminta si dokter utk mkn mknn basah aja trus aq ksih tp kcing ku ga makan gmn ya ini hick

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti makananya dengan ikan yg anda masak sendiri.
      Jangan makanan siap pakai yg dibeli di toko (karena mengandung bahan pengawet berbahaya).

      Delete
  12. Kucing ku knpa ya diam lesu, dan dia seperti mau muntah tapi ga muntah, terus dia minum pas abis minum dia kaya makan sesuatu di mulutnya padahan ga ada apa2,, dia juga sering bengong kata keluargaku itu keracunan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing Anda sakit, segera di obati sebelum tambah parah..

      Delete
  13. Knapa ya kucingku tiba2 lemas. Kepalanya ga bsa tegak, cums bisa nunduk. Pandangannya jga aneh, kayak org yg lgi pusing gitu. Mohon bantuannya, soalnya baru terjadi malam ini. Tdi siang baik2 aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing nya sakit, mungkin salah makan.

      Delete
  14. Dok kucingku lg masa birahi.. Berpengaruh tidak sama nafsu makan nya ya, soalnya jadi kurang nafsu makan nya nii

    ReplyDelete
  15. kucing saya kepalanya nunduk terus....makannya biasa...kayanya sih ga sakit tapi kepalanya nunduk terus...kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tandanya kucing Anda tidak sehat.
      Jika kepala nya menunduk terus kebawah mungkin pertanda kekurangan kalium.
      Kucing Anda mungkin perlu suppliment makanan yang bergizi.
      Coba berikan kucing anda makanan yang bergizi tinggi, seperti ikan segar, atau daging ayam setengah matang.

      Delete
  16. Mau tanya dong...sy punya 3 anak kucing kampung usia sekitar sebulan lebih...sudah 3hari ini perutnya makin buncit..takutnya cacingan..tapi setelah searching di internet rata2 gejala cacingan itu lemes,nafsu makan kurang..muntah atau diare..dan mengeluarkan cacing..tp kitten saya ga lemes dan makan msh lahap..tp perutnya buncit..mohon infonya ya knp dan harus saya apakan sebisa mungkin penanganan sendiri dulu gitu..mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika si kucing tidak muntah cacing atau mengeluarkan cacing dari anus nya, berarti bukan cacingan.
      Jika anak kucing perutnya buncit namun terlihat sehat dan tidak sakit, maka di biarkan saja dulu, karena hal tersebut masih normal.

      Delete
  17. baru dapet kucing hutan 3hari dirumah, umur belum tahu pasti tapi masih nyusu dan belum tumbuh gigi. hari pertama dirumah minum susu lahap banget, hari kedua masih kelihatan sehat jalan" dalam rumah tapi napsu makan mulai turun. nahh, hari ketiga ini mulai kelihatan lemes banget, kepala nunduk, mulut terengah-engah kyk ga bisa nafas lewat hidung gitu, dipaksa minum susu nolak terus, sekarang cuman tiduran tapi matanya kebuka gak kayak kucing tidur biasanya. aduh kenapa ini ??? sakit apa ?? bisa kasih tips? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya kalau usianya 3 hari jangan dijauhkan dulu dengan induknya, kasihan.. Karena kalau masih kecil inginnya susu induknya..

      Delete
  18. Permisi, saya ingin tanya..

    Kucing saya masih kecil, sekitar 8 bulanan. Sekarang dia lagi hamil oleh tiga pejantan. Ntar kalo anaknya lahir apa bisa bermacam" tergantung jenis pejantannya?
    Trus, dia kalo dikasih makan kok pilih", suka nolak, tapi sering lapar.. Knapa ya?

    Tolong dibalas, terima kasih :)

    ReplyDelete
  19. Meskipun oleh 3 pejantan,, tetap saja yang berhasil hanya 1 pejantan. Jadi anaknya tidak akan bermacam-macam.
    Coba berikan makanan yang disukai kucing, seperti ikan segar atau daging ayam.

    ReplyDelete
  20. Permisi, mau tanya.. saya punya kucing berusia sekitar 5thn.. sudah hampir 2 bulan ini kucing sya mengeluarkan cairan putih agak kuning..(sprti wanita yg sdg keputihan).. kucing sya jg sdh tdk bs hamil.. itu knp ya? Penyakit apa? Parah ga? Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan itu adalah kelenjar anal/anus pada kucing.

      Delete
  21. malam dok, aq mw nya,, kcingku umr 3 bln knpa ya pub nya bdrh, aq bru ambl dri pnjual 4 hri yg lalu, tp knpa ya hri k empat inii pub nya bdrah, apa krna faktor mkanan, krn sblmnya pakan yg dmkan dri merk murah rumahan,, aq gnti dgn merk proplen,, kndsi kucing aq aktf bdan seimbang sma perut (buncit), hnya aja ska belekan,, dn belekan itu obtnya gmna ya,, jdi prtnyan aq ada dua
    1. knpa pubnya bedrah
    2. ko belekan terus,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan Kucing Anda Cacingan. Coba dikasih obat cacing.

      Delete
    2. Permisi bantu jawab ya,itu infeksi pencernaan..biasanya terjadi kalau si kucing terlalu sering termakan debu/pasir,sebagian juga mengalami ini kalau pakan nya tidak cocok/kaget krn perubahan pakan,untuk pergantian pakan sebaiknya dilakukan bertahap.kalau belekan bisa karena cuaca panas dan juga saluran hidungnya tersumbat

      Delete
  22. Mlm dok, mhn tips untuk kucing sy.
    Kucing sy umur 5 bln, 2 hr ini kondisinya mengenaskan. Lemas, suka mnyendiri tp nfsu makan msh normal. Berat badannyapun turun drastis. Sebelumnya sekitar 1 bulan yg lalu, kucing sy muntah beberapa kali smpai ada cacingnya. Setelah sy kasih obat cacing, nafsu makan meningkat pesat. Bahkan bs tiap jam minta makan. Akan tetapi, berat badannya msh ajeg dan tdk ada peningkatan. Dan 12 hr ini puncaknya. Bdnnya lemes, rewel tp berat badan mlh menurun. Sdh dksh vitamin dan obat ttpi blm ada perubahan. BABnya jg msh sering encer bahkan diare. Tolong tipsnya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing Anda cacingan, jadi nutrisi makanan yg dimakan sang kucing juga di serap oleh sang cacing. (Cacing itu parasit), sehingga berat badan kucing tidak naik-naik.
      Berika kucing obat cacing. Tunggu hingga 1 - 2 bulan hingga berat badan kucing naik kembali.

      Delete
  23. Mau tanya saya baru beli kucing. 3 bulan jantan .. Kenapa ya kok sering pup tapi gak terlalu banyak trus cair pupnya .. Sampek maaf(anusnya) merah ... Sudah tak kasih obat cacing besok nya pup nya ada cacing nya .. Tapi pup yang selanjutnya dah gak ada .. Trus mau tak vaksin .. Itu bahaya gak dok apa termasuk masih normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal tersebut terjadi karena kucing anda menderita cacingan. Coba di kasih obat cacing, dan tunggu hingga beberapa hari. Cacing memang sering keluar melalui anus hingga menyebabkan berdarah.

      Delete
  24. Kucing saya maine coon umur 6 bulan,,saya mau tanya,,kucing saya knpa belekan dan nafasnya seperti orang lgi pilek yaa...mohon bantuannya,,saya takut kucing saya knpa2,,

    ReplyDelete
  25. Saya mau tanya dok
    kucing saya kira-kira 3-4 bulan.
    tiba-tiba dia enggak nafsu makan, matanya belekan tapi kadang belek campur darah dikit, terus enggak bisa loncat, enggak bisa naik tangga, terus kalo kita sentuh dia ngeong, pas digendong dia ngeong juga, pokoknya dia berubah dari sifat aslinya yaitu aktif (loncat sana-sini, main, dll)
    ini kira-kira udah hari ke-3 dia begitu.
    Mohon saranya dok :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya kucing anda mengalami infeksi bakteri pada matanya.
      Kemungkinan lainnya kucing anda cacingan.
      Coba dikasih tetes mata, di kasih makan saja terus, makanan yg mudah dicerna.
      Jangan di gendong dulu..

      Delete
  26. Saya mau nanya dok, knp ya kucing saya kok tiba" lemas lesu, nafsu makannya menurun, dia jd tidak suka main" gt, anus nya kyk ada merah merah gt, trus perut sebelah kanannya membesar tp disebelah kirinya tidak, itu kenapa ya dok? Mohon sarannya dok, trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan kucing Anda mengalami cacingan. Di cek saja ke dokter hewan terdekat kalau bisa.

      Delete
  27. Kucing saya awalnya gak kenapa2 tapi waktu bbrp jam kemudian dia jadi apatis dan waktu di deketin ternyata badan nya gemetar. Awalnya mmg saya telat ngasih makan, tapi waktu saya kasih makan dia gamau makan.dan waktu tidurnya berdengkur, awalnya nggk pernah berdengkur. Apa itu gara2 telat ngasih makan ya dok? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kemungkinan kucingnya kelaparan dan jadi lemas.
      Cepat segera diberi makanan.

      Delete
  28. Soree dokk maaf saya mau tanya kucing saya pipisnya berwarna kuning kemerahan itu kira-kira knp ya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika kucingnya suka kencing berwarna kemerahan, hentikan makan makanan kering (dry food), berikan makanan-makanan yg lebih alami.

      Delete
  29. sya ingin tnya,,,, kucing sya udh hmpir sminggu mata nya berair, bnyak belek nya,,, hidung nya jg berair suka bersin-bersin dn nafsu makannya kurang,,,,kira-kira itu skit ap ya???

    ReplyDelete
  30. maaf dok kucing saya bersin " ,dan mau muntah , matanya berair dan ada beleknya mohon saran dok, trimakasih

    ReplyDelete
  31. Dua hari ini kucing saya suaranya berubah Dan sering sekali dok.ada apa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada bebrapa kemugnkinan, biasanya itu karena kucing sedang sakit infeksi saluran pernafasan, atau bisa juga karena radang tenggorokan.

      Delete
  32. Kucing saya baru 2 bulan matanya berair terus dok...klw lihat nafasnya cepat..kadang sesekali bersin.kira2 kucing saya kenapa ya dok?? Apa obatnya?? Terimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan kucing Anda mengalami demam serta flu. Coba di bawa ke Dokter Hewan (Vet) terdekat.

      Delete
  33. Tolong masukin komen ini " Dok saya curiga kucing saya cacingan, jadi saya beri combantrin rasa jeruk yg buat anak2. Itu boleh gak dok? Tapi beberapa saat setelah dikasih obat itu, cacingnya keluar dr anusnya. Sepertinya itu cacing pita jika dilihat dr bentuknya yg pipih. Apa saya kasih lagi combantrin nya dok? Terima kasih"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, cacing memang selalu keluar lewat anus.

      Delete
  34. Satu komen lagi dong gini "Dok, klo kucing saya umurnya sekitar 3 bulan boleh saya kasih Drontal Cat aja gak buat basmi cacingnya? Kalo boleh, kira2 dosisnya segimana? Terima kasih"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, kalau kucing nya masih kecil beri sedikit saja dosis nya.

      Delete
  35. dok kok kucing saya kadang kotorannya berubah2 ya kadang berwarna hijau lembek terkandang hitam keras. itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya itu karena faktor makanan yang di makan kucing.
      Kalau kotorannya berwarna hitam keras, kemungkinan ada pendarahan dalam usus.
      Kurangi makanan kering (dry food), dan perbanyak makanan yg lebih alami.

      Delete
  36. Maaf saya mau tanya, kucing sya anggora masa produksi, setelah di kawinkan dengan kucing kampung kucing saya sering mengeluarkan seperti lintah warna putih di anusnya, itu knapa ya ? Apakah berbahaya ? Terus cara mengatasinya gimana, saya sudah bawa ke dokter tapi tetap tidak ada perubahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing anda menderita Cacingan. Diberi obat cacing.

      Delete
  37. Maaf saya mau tanya, kucing saya kucing lokal, dia tidak mau makan dan sekarang sering mengeluarkan air liur. Itu sakit apa dan berbahaya tidak?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa kemungkinan, bisa karena salah makan, misalnya karena memakan makanan yang beracun, bisa karena ada giginya sakit/ompong, sakit gusi, bisa karena infeksi bakteri, dll.
      Cukup berbahaya jika terjadi dalam jangka waktu yang lama.

      Delete
  38. Maaf dok mw tanya, kucing saya kepalannya kok nunduk kebawah mulu, baru jalan beberapa langkah udah tidur lagi.. Padahal gk panas/gk sakit cuma Mw nya tuhtidur aja, terus tpi klo dikasihmmakan lahap kyk biasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing anda stress dan butuh teman kucing lainnya.

      Delete
  39. Dok kucing sy kucing lokal. Didepan rmh sy ada tetangga pelihara kucing anggora. Nah kucing sy suka nyolong makanan whiskhas atau sejenisnya itu kucing. Krn kucing depan rumah bertambah umur otomatis jenis makananan berubah. 1 bln lalu kucing sy muntah 3 kali dlm sehari dan muntahnya itu bau makanan kering kucing ras itu. Nah belakangan ini dia jg seperti ingin muntah tp tdk keluar2. Apa krn pengaruh makanan itu dok? Kucing sy jd tdk napsu makan dan lemas dan tiduran terus. Oh ya dok. Apa kucing loka/domestik/kampung harus divaksin? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, itu akibat makanan tersebut.
      Tidak harus divaksin.

      Delete

Jangan lupa tulis komentar ya..