Monday, February 17, 2014

Kucing Muntah Keluar Cacing

Terkadang, masalah penyakit kucing datang begitu saja. Misalnya saja sebulan yang lalu kucing Angora saya meninggal karena muntah-muntah dan tidak mau makan, 3 minggu yang lalu kucing Persia saya juga mengalami sakit juga dan muntah-muntah, namun muntah-muntahnya keluar cacing dan si kucing masih mau makan walaupun sedikit.

Kucing Persia ku

3 minggu yang lalu kucing persia saya yang berumur 15 bulan tiba-tiba saja muntah keluar cacing, dan saya sangat ngeri sekali melihat cacinnya. Cacingnya berwarna putih seperti Spagheti dan itu masih hidup, cacingnya bergerak-gerak, ighhh...

Menurut info yang saya peroleh, kucing muntah keluar cacing adalah ciri-ciri kucing yang terjangkit dengan parasit didalam perutnya. Parasit cacing ini pun bermacam-macam, yang paling umum yaitu ada cacing yang mengganggu pada paru-paru, ada yang mengganggu dalam perut/sistem pencernaan, dan lain-lain.

Cacing yang mengganggu paru-paru biasanya akan membuat sikucing sesak nafas dan gangguan pernapasan. Sedangkan cacing yang mengganggu pada saluran pencernaan bisa menyebabkan kucing mual-mual dan akhirnya muntah cacing.

Cacing-cacing ini jika dibiarkan bisa menginfeksi tubuh kucing dan bisa mematikan, sehingga harus segera diobati dengan obat cacing. Kadang selain cacing yang keluar dari muntahan, cacing juga bisa keluar dari anus si kucing pada saat buang air (pup).

Kucing yang cacingan parah bisa menyebabkan kucing terkena anemia, diare, dan gangguan lainnya. Kucing yang terjangkit cacingan biasanya menular dari induknya yang menurun ke anak kucing, bisa juga menular dari makanan yang mengandung telur/larva cacing, dan juga bisa menular dari kutu kucing yang kotor

Lalu bagaimana cara mengobati kucing yang muntah keluar cacing? Dulu saya sempat memberi obat cacing khusus kucing yang direkomendasikan dokter hewan. Selain itu saya juga pernah mengobatinya secara alami berdasarkan panduan yang ada dalam ebook Kucing Muntah dari KucingMuntah.com Sampai saat ini Alhamdulillah si kucing sehat terus dan tidak muntah-muntah cacing lagi.

5 comments:

  1. Terima kasih atas sharingnya.. Kucing saya baru saja mengalami muntah cacing.. Padahal kemarin dia masih sangat aktif.. Hari ini sudah muntah cacing 2 kali, cacingnya panjang dan putih. Mengerikan..

    ReplyDelete
  2. kucingku juga tadi muntah cacing pas udah dikasih obat, nama obatnya Rantidine sama obat kapsul gitu gatau apa namanya. tadi pagi dia masih sehat lincah cuma tadi siang aku lupa kasih makan soalnya saya ga di rumah wkt itu tp gatau jg sii penyebab pastinya apa:( , mudah-mudahan aja kucingku baik-baik aja, ada trauma juga dari kucing yg dulu pernah mati setelah muntah dan diare

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segera obatin sis, jangan dibiarkan lama, karena nantinya bisa mati.

      Delete
  3. kucing muntah cacing itu ada huhungannya ngga dengan penyakit toxoplasma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berbeda.
      Jika kucing anda muntah cacing itu artinya si kucing menderita cacingan.

      Delete

Jangan lupa tulis komentar ya..